Senin, 25 Mei 2015

Naik Naik, ke Puncaak (1)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Postingan kali ini saya akan bercerita pengalaman [pertama] saya naik gunung eh bukit Sikunir di Dieng, Wonosobo. Tadinya saya dan teman-teman yang mau naik itu cuma tiga orang, dan itu perempuan semua, canggih kan, dan rencana yang hanya direncanakan dalam waktu seminggu itu tetiba banyak peminat, jadilah kita beramai-ramai berangkat ke Sikunir Dieng. Sebelumnya saya mau menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya pendaki asal Yogyakarta beberapa waktu lalu, semoga khusnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, aamiin..

Ya, lanjut, pada beberapa hari sebelumnya, saya sudah berencana memang pengin naik ke Sikunir, tapi bareng adik laki-laki saya yang konon katanya anak pencinta alam. Tapi karena dia tahu saya ringkih, kayaknya dia berusaha untuk menolak ajakan saya, trauma kayaknya. Dulu (waktu SD) saya pernah diajak naik sepeda sampe sekitar 2 kilo aja saya nyerah *maapin dhek*. Tapi saya tetep nekat, dan nanya. “Kalo ke Sikunir persiapan apa aja yang harus mbak lakuin? Perlu lari ampe 3 bulan nggak?” Gokil kan saya, soalnya katanya emang naik gunung itu susah dan capek.. Mana saya ngga begitu kuat kalo latihan berbau kardio gitu..

“Hmm, ngga usah ngapa-ngapain kalo ke Sikunir doang mah kuat. Ayo mbak kalo mau ke Prau aja. Eh, tapi aku udah ke Prau ding. Ke Slamet aja mbak, deket Purwokerto, kan.” Buseeeet, da aku mah apa atuh dhek, kapasitasku mah belum kayak kamu yang udah kuat jalan kaki naik-naik ampe beberapa jam buat ngejar sunrise di puncak. Apalagi Gunung Slamet kan tertinggi kedua di Pulau Jawa….

Ternyata rencana saya ini mendapat sambutan dari kawan karib saya, Fathia, sehingga terwujudlah rencana ini. Wanita yang sangat suka mbolang baik ke dalam maupun luar negeri ini ngajakin saya ke Sikunir, yeeaay! Tadinya saya sempet mikir ngga bisa ikut gegara mau ambil data penelitian, tapi setelah cek jadwal, ternyata bisa haha, sama Ukhti Mayubu akhirnya kita kepikiran berangkat, Senin, 27 April 2015. Awalnya saya pikir, fix bertiga dan kita tinggal cari cara gimana nyampe ke Wonosobo, selain motor. Wonosobo-Purwokerto gempor lah ya kalo ukhti-ukhti seperti kami naik motor. Risiko kehujanan, kedinginan, ban bocor, bahkan isu begal di mana mana jadi ancaman. Akhirnya kita berencana mengajak kawanan kos-kosan putri lain yang free dan bisa ikut, jadi kita bisa nyewa mobil gitu nyampe wonosobo. Lumayan biar mahal dikit, tapi kan aman. Temen saya yang lain, si Reza ngotot naik motor. “Udah biasa aku mah, bolak-balik purwokerto-kebumen naik motor.” Bro, ini Wonosobo Brooooo! BEDA!

Saya sebagai rider putri yang sudah terdidik dengan jalur purwokerto-kebumen (baca Ku Lari Ke Bukit, Ada Pantai Menganti!) berulangkali ngotot kalo naik motor itu risiko-nya banyak. Tetep aja rencana itu dia sikapi dengan yakin. Apalagi dia rencana mau nginep di tenda. Pasukan kita kebanyakan putri, brooo. Dieng dingin lagi… Mana kita amatir semua hiks..

Rencana naik motor ternyata tidak terealisasi, karena kita buat pasukan gabungan dan bisa naik mobil. Alhamdulillah mobilnya punya temen sendiri ngga jadi nyewa, jadi lebih irit. Supir juga pake tenaga sendiri, jadi lebih irit lagiiii. Rencana nginep di tenda juga nggak jadi haha, nginep di penginapan lebih nyaman ternyata. Kita menginap di losmen Bu Djono yang ada fotonya di internet, haha. Ada bulenya juga di sana *terus kenapa is, buset*.

Perjalanan ke wonosobo terdiri dari dua mobil, yang satu mobil city car yang muat untuk 5 orang, alhamdulillah, yang satunya semi minibus gitu (soalnya kursinya cuma dua baris), dan dimuat-muatin buat bawa 6 orang. Nasib saya sebagai orang yang kurus-kurus gembrot ini naik barengan sama 3 orang ukhti yang lain empet-empetan di mobil semi minibus. Nasib, gantian gitu, kalau saya nyender, Fathia maju, kalo saya maju, Fathia yang nyender. Gituuuu terus, dan perjalanan berangkat ini kami ngikut di belakang mobil Daniel, yang di dalamnya ada Reza, Mayubu, Agus, sama Tipung. Awalnya agak bingung, kok jalannya beda sama jalan yang biasa saya lalui kalo ke wonosobo. Ternyata kita lewat KARANGKOBAR, yakni tempat longsor Banjarnegara Desember lalu. Di sana masih ada bekas longsor beserta garis polisinya, jalan yang tinggal separuh dan langsung ke jurang, apalagi jalannya naik-naik. Agak mual, mual, vertigo gitu saya. Dari mobil Daniel, si Agus pake akun Reza nanya di grup, “Ais aman?” khawatirnya saya muntah. Haha, karena saya terkenal gampang mual kalo grogi mau ujian jadi  gini nih.   

Jalur panjang yang kami lewati gegara GPS hape barunya Reza, membuat kami baru sampai di penginapan jam 6 sore. Padahal berangkat jam 2 siang dari purwokerto *cry*. Nyampe di sana dingin-ngantuk-laper. Nggak mandi, langsung sholat, beberes, makan, foto-foto, dengerin rute wisata buat besok dari pengurus losmen, tidur. Di sana kita sewa 3 kamar, per kamar 75 ribu, dan kalau per kamar lebih dari dua orang, kita harus pakai extrabed dengan biaya tambahan 50 ribu. Tapi kita bisa lobi lagi jadi cuma pesen 2 kamar extrabed plus 1 kamar biasa.

Di Losmen Bu Djono ini lumayan enak, makanannya. Saya pesen soto di sana, dan enak bangeet. Porsinya banyak juga kok, lumayan dingin-dingin jadi anget. Hehe. Di sana kita juga dapet tips buat trip wisata keliling dieng. Sebenarnya kita dikasih peta sama pengurusnya, tapi nggak sempet saya potoin. Jadi tripnya itu dari losmen kita berangkat pagi jam 4 ke Sikunir. Sholat Subuh di masjid menuju destinasi, bisa jamaah juga. Tapi ya air wudhunya dingin-dingin es gitu. Setelah itu kita lanjut perjalanan dan parkir di parkiran deket tulisan Sikunir. Setelah itu perjalanan naik bukit itu dimulai. Lumayan masih agak gelap langitnya. 5 menit pertama naik, ngos-ngosan. Tipung (anak pencinta alam yang tentu sudah terbiasa) dan Daniel ngikutin saya sama Nurul dan Fathia yang udah agak ngos2an di belakang. Dorongan dari (ayahanda) Reza kepada kami bertiga yang ngos-ngosan ini membuat kami semakin ngos-ngosan (?). Beberapa menit selanjutnya makin ngos-ngosan. Akhirnya saya putuskan, "Udah laah, aku liat sunrisenya dari sini ajaaaaa..." *tears*

foto ini didapat dari perjalanan ke Puncak Sikunir *taken by Fathia*
Haruskah lanjuut ke ataaas? Udah pegel ini napas, eh kaki....

2 komentar:

need your support :)