Selasa, 23 Februari 2016

Cerita Koas #1

Assalamualaikum!

Sudah lamaaaaaaa ya tiada posting. Ehm mau cerita lagi tentang pengalaman yang 'menyenangkan' beberapa bulan belakangan. Terakhir posting Desember, sudah 3 bulan ya belum posting, si Azka juga rekues minta dipostingin cerita hantu di rumah sakit, ada-ada aja. 

Tapi saya nggak mau cerita hantu ah, belum pernah ngalamin hehe. Kalo horor bikin jantung deg2an, hati ini tak karuan ya sering. Contohnya waktu saya lagi stase kebidanan. Saya (A), dan salah seorang ibu pejuang jihad yang mau melahirkan normal atau nama kerennya partus pervaginam, sebut saja Ny S. Ceritanya, ibu ini masih belum masuk fase untuk mengejan, jadi masih kenceng-kenceng dulu sambil menunggu pembukaan lengkap. Aturannya, jika belum pembukaan lengkap, seharusnya sang ibu jangan mengejan terlebih dahulu. Alangkah lebih baik sang ibu menarik nafas panjang, karena konon katanya fase menunggu pembukaan lengkap itu sakitnya ruaaar biasa~. Kenapa jangan mengejan jika belum pembukaan lengkap? Karena nanti bisa menekan kepala bayi yang sebenarnya belum saatnya untuk dikeluarkan. Nanti kepala bayinya bisa panjul :(. Nah selain itu kepala bayi panjul juga bisa terjadi kalau sudah lengkap pembukaannya, namun bayinya tak kunjung keluar. Intinya penyebabnya karena bayi terlalu lama ditekan ibu. Penyebab lain juga kalau bayinya disedot pakai vakum, kenapa disedot pakai vakum? Biasanya karena waktu persalinan terlalu lama, sedangkan ibu sudah tidak kuat untuk mengejan. Makanya para calon ibu, siapkan nutrisi sebelum mendekati hari H persalinan, siapkan tenaga juga. Katanya sih, persalinan normal itu sebenarnya perpaduan kerja sama antara ibu dan anak :) *tuh is, siap-siap. Olahraga banyakin, jangan ngemil mulu. Oke, kembali lagi ke ibu itu.

Ny. S: (teriak-teriak kesakitan, narik-narik sprei bed rumah sakit. Untung nggak sampai ngejambak mbak koas) Mbaaaaak! Sakit mbaaaak! Huh huh huh. Ini sakit banget mbaaaak!!!
A : Iya ibu, tahan ya bu yaa... Ibu tarik nafas panjang ibu.. Tadi pembukaannya masih 7 ibu, jangan ngeden dulu ya ibu... (nb : pembukaan lengkap = 10) 
Ny. S: Mbak sakit mbaak... Mas sakit maaaas iniii (noleh ke suaminya)
A : Iya ibuu.. ditahan dulu yaa, kalo sakit tarik nafas panjang. Kan ibu udah pernah melahirkan sebelumnya tho? (nb : ibu ini statusnya ibu dengan 2 anak dan selalu melahirkan secara normal dari kehamilan sebelumnya)
Ny. S: Iya mbaak tapi ini anak pertama dari suami ini mbaaak. Ini sakit banget mbaak lebih sakit dari yang sebelumnyaaa!! (Loh ibunya jadi curhat. Terus melirik ke suaminya, sambil nahan pedihnya kenceng-kenceng)
A : Iya buu.. tapi kan ya sama aja tho bu melahirkannya. Rasanya juga sama kayak dulu.. (sambil megangin tangan ibunya yang berontak udah kayak mau ambruk dari bed. Ibu ini cukup gemuk, karena sebelum hamil juga udah obesitas sepertinya)
Ny. S: Alaah mbak kan nggak pernah ngerasain tho gimana RASANYA MELAHIRKAN? SAKIT MBAAAAAK!!"
A : seketika mbak koas serasa pengen pingsan terus pas bangun langsung nulis diary. Ya Allah pedih banget... Ambrukin saya bu, ambrukin aja...   

Tetapi saya meskipun dikatain kayak gitu sama ibunya, tetap berjuang menyemangati ibu-ibu ini sampai akhirnya bayinya lahir dengan selamat. 

Ny. S : Sus (suster maksudnya) makasih ya.. maaf tadi udah narik-narik sambil marah-marah. Maaf ya sus ya...
A : oh iya ibu.. nggak papa hehe. selamat ya bu, anaknya laki-laki.. Anak pertama dan keduanya jenis kelaminnya apa bu?
Ny. S: Perempuan mbak Sus.. semoga mbak juga segera bisa merasakan jadi ibu ya mbak..
A : ayo mbak koas bilang apaaaaa? Aaamiiin....

Ada juga momen lain yang bikin saya deg-degan setengah mati. Beneran, ini deg-degan rasanya kayak jantung mau copot. Waktu itu saya lagi jaga malam, karena ada pasien yang mau dioperasi caesar dan butuh untuk segera dibawa ke ruang operasi karena janinnya sudah menunjukkan tanda-tanda gawat janin, saya lari sambil dorong-dorong brankar (bed). Alhamdulillah selamat sampai tujuan, nah, pas balik ke tempat jaga, saya sendirian, karena bidannya menyelesaikan masalah berkas-berkas catatan medis dulu. Saya jalan pelan-pelan, waktu itu jam 2 pagi, tiba-tiba dari arah depan ada suara brankar. Dari arah depan itu ada tikungan, jadi saya menunggu-nunggu kapan ini brankarnya mau lewat. Pas muncul brankarnya, ternyata brankarnya kosong dan yang bikin saya deg-degan brankarnya jalan sendiri... Sampai akhirnya saya menyadari, ada mas-mas transporter yang di belakang brankar, gegara jalannya turunan jadi masnya yang megang agak jauh sambil narik, dan saya telat melihat tangan mas-masnya. Kalau diceritain kayak ga serem ya? tapi pas kejadian itu saya langsung lemes dan deg-degannya minta ampun...

4 komentar:

  1. emang deh ngelahirin normal itu sakit. Tapi klo CS kyknya lebih sakit, pulihnya juga gak secepet normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bundaa.. sama-sama sakit baik pelahiran normal maupun caesar...

      Hapus
  2. Yha akhirnya ada setitik horor walaupun ternyata gak horor yha

    BalasHapus

need your support :)