Minggu, 10 Mei 2015

Another Daughter's First Love

Assalamu'alaikum!

Setelah sekian lama berkutat dengan kegiatan offline, sekian lama itu pula blog ini tidak berisi tulisan baru. Hmm, selain itu karena baru dapat inspirasi juga untuk menulis. Semoga tulisan ini cukup mengharukan deh, hehe.

Bapaaaaak, kangeeen.
Bapak adalah cinta pertama seorang anak perempuan. Apalagi untuk saya. Apalagi untuk anak pertama seperti saya. Saya tak punya kakak yang bisa melindungi saya, jadi ya, barikade perlindungan saya yang pertama adalah Bapak. Bapak itu orangnya melankoliiis sekali, pernah saya mengalami kecelakaan sepeda motor sampai kepala saya harus dijahit dan ketika sadar saya mati-matian minta maaf karena nggak patuh sama orang tua hingga jadilah kejadian itu terjadi, tapi Bapak saya hanya menangis, tanpa bilang apa-apa. Justru ibu saya lah yang keliatan tegar, dan nggak menangis sama sekali. Sifat dari bapak inilah yang saya warisi. Saya sangat sensitif dan gampang nangis :'''.

Inilah yang terjadi tadi pagi. Saya menangis setelah bangun tidur. Hmm, mungkin lebih tepatnya saat saya tidur. Mengapa? Karena tahu-tahu saat bangun mata saya basah. Kepala saya pun masih mengingat dengan jelas ketika saya bangun, mengapa saya bisa menangis. Penyebab saya menangis ini tak lain dan tak bukan adalah seseorang yang menjadi cinta pertama saya, yakni lelaki selain bapak.

Beliau adalah kakak pertama Bapak saya, atau saya menyebutnya sebagai PakDhe. Beliau ini sayaaaaang banget sama saya. Beliau seorang suami dengan satu istri, namun tidak memiliki rezeki yang dimiliki oleh ayah saya dan adik-adik beliau yang lain. Jadilah beliau sangat menyayangi saya dan menganggap saya sebagai anak sendiri. Saat saya SMA, rasa sayang itu benar-benar beliau tunjukkan. Sewaktu SMA, saya bersekolah di luar kota, dan harus ngekos. Saat itulah beliau bertindak sebagai orangtua wali saya, dan itu tercatat di buku Rapor saya, kalau beliau adalah orang tua Wali saya.  

Pernah, ketika saya harus berangkat dari rumah nenek, setiap hari senin pagi (setiap akhir pekan atau libur saya selalu pulang ke rumah nenek -rumah pakdhe saya satu kota dengan rumah nenek-, karena jaraknya lebih dekat daripada rumah saya dengan sekolah) Pakdhe selalu mengantarkan saya sampai saya naik angkutan. Kalau saya terlambat, atau angkutan langganan saya tidak berangkat, pakdhe selalu siap mengantar saya ke sekolah, pagi itu juga dengan mobil biru beliau. *mulai berkaca-kaca*

Ohya, beliau itu selalu 'nyangoni' saya setiap mau berangkat ke sekolah dari rumah nenek. Padahal saya selalu dapet sangu juga dari Bapak. Hal ini terus berlangsung sampai saya masih bersama beliau. Bapak baru saya ceritakan hal ini setelah saya lulus SMA, hehe. Nakal ya.

Hal yang membuat saya menangis adalah, di mimpi itu, saya bertemu dengan seseorang yang sangaaaat mirip dengan Pakdhe. Di mimpi itu juga ada Bapak. Saya senggol Bapak dan tanya, "Bapak, itu Pakdhe bukan?". Bapak saya menjawab, "Bukan, sekedar mirip itu. Pakdhe kan sudah nggak ada." Setelah saya bangun, antara sadar nggak sadar, saya lanjutin nangisnya sampai mata jadi bengkak.

Kenyataan kalau Pakdhe sudah meninggal itu yang membuat saya agak kaget melihat seseorang yang sangat mirip dengan beliau di mimpi. Saya langsung sedih, karena saya merasa belum berbakti sama beliau. Beliau pengeeen sekali saya jadi dokter. Tapi, saya belum bisa mewujudkan itu ketika beliau meninggal. Beliau meninggal ketika saya baru mau naik ke kelas 12 SMA. Beliau berpesan, kalo bisa saya masuk ke jurusan kedokteran biar bisa mengobati sakit beliau. Saat itu beliau didiagnosis mengalami sirosis hepatis atau penyakit pengerasan hati. Beliau sering sekali menginap di rumah sakit untuk mengurangi cairan yang terus menerus ada di perutnya. 

Selain saya ada juga sepupu saya yang diberikan 'amanah' oleh beliau. Sepupu saya ini diamanahi untuk masuk sekolah kepolisian. Kebetulan cita-cita sepupu saya ini juga jadi Polwan. Saat ini sepupu saya sudah berprofesi sebagai polisi, karena pendidikannya sudah selesai. Tinggal saya yang masih berjuang untuk menyelesaikan studi sayaaaaa :''' *udah basah banget ini pipi*

Pesan Pakdhe yang selalu saya ingat
"Nduk, kalo sholat wajib itu yang tepat waktu ya. Supaya rezekinya juga tepat waktu."
 Simple, tapi terkadang sulit untuk dijalani. Pakdhe, insyaAllah segera terwujud keinginan Pakdhe supaya Ais jadi dokter. Terimakasih atas segala dukungan pakdhe dan motivasi pakdhe yang terus membekas sampai sekarang. Al-Fatihah....


3 komentar:

need your support :)