Rabu, 11 September 2013

Cerita Misteri-Hati

Bismillahirrahmanirrahim..

Postingan ini saya buat waktu liburan, kebetulan pas lagi 'suwung'. Pengalaman ini bukan milik saya saja. Mungkin, kalau pembaca punya kisah yang sama, MUNGKIN, suatu kebetulan. Dalam postingan ini, saya akan menceritakan sesuatu misteri. Tapi bukan misteri horor atau apapun itu, tapi misteri dalam hati *stoop, jangan bilang saya galau lagi, pliiss*. Ceritanya tentang percakapan juga, yang terilhami oleh kisah lika-liku hidup manusia. Sebagian yang membaca mungkin bisa menebak saya yang mana. Sebagian lagi, mungkin tidak. Selamat menebak.

…………………………………….
“Kenapa sih, kamu benci banget sama dia? Emang dia salah apa cobaaa?”
“Kan aku nggak pernah benci sama orang, kan pi? Emang aku keliatan benci sama siapa?” protes salah satu orang yang terlibat di percakapan itu. Oiya, nama pi itu nama samaran yaa, biar nggak ketahuan :p
“Emang sih, nggak banyak yang tahu kalo kamu benci sama dia. Tapi, kamu keliatan beda kalo sama dia.”
“Beda? Beda gimana? Kamu kok sotoy gitu sih, pi.. Enggak, tauk. Biasa aja..”
“Biasa aja gimana wooy? Gini-gini aku juga pernah benci sama orang, kali. Dan aku tahu, bagaimana sikap yang ditunjukkan sama orang yang lagi kesel sama orang.”
“Alaaah, itu kan karena kamu emang jutek ke semua orang. Kamu tuh, yang mungkin benci sama dia.”
Saya jadi menyadari, kok ini isi blognya tentang benci-bencian ya? Apa saya-nya yang terlalu menyimpan kebencian juga ya? Eh, enggak kok, kebetulan aja lagi banyak postingan yang mengenai topik itu. Kan bosen kalau cinta-cintaan melulu, nanti dibilang galau…
“Kamu kok malah memutarbalikkan fakta gitu, sih? Wah, ini nih, tanda-tanda kalau kamu bener-bener kesel sama dia.” Kesimpulan ini memang agak sedikit aneh untuk disimpulkan --“
“Haaah, enggak kok. Cuma kesel sesaat aja tauk.”
“Tuuuh, kaaan! Bener. Kamu kesel kan sama dia?”
“Aduuh, pii.. Udah deh, aku kesel cuman sesaat doang. Sekarang udah enggak. Udah ah, bahas yang lain aja, kalo bahas dia jadi makin kesel niih.”
“Tuh kan bener. Tapi nih, nak. Kamu tuh awet banget sikap sebelnya sama dia. Mungkin keselmu emang udah ilang, tapi sikapmu yang keliatan bete banget kalo lagi ngomong sama dia itu masih keliataan.”
“Emang keliatan jelas banget pi? Enggak tahu juga sih, emang masih suka males gitu kalo harus berurusan panjang lebar sama dia.”
“Wah, bahaya tuh. Kayaknya kamu musti cek jiwa deh. Nggak mungkin kamu benci ke dia tanpa suatu alasan yang jelas. Kecuali kamu benci sama dia karena Allah.”
“Pii, sok religius banget dah. Emang sih, nggak ada alasan syar’i kenapa aku benci banget sama dia. Tapi, ada alasan yang mungkin bisa jadi penyebab kenapa sikapku kayak gitu. Ceritanya, aku pernah tahu gimana sikapnya pas jaman-jaman dulu. Daaan, itu bikin kesel. Bisa-bisanya kayak gitu sama oraang. Kan kesiaan.”
“Emang sikapnya gimana? Jangan bilang dia juga bersikap sama ke kamu? Yaudah benciin aja, nak.”
“Laah, gimana sih? Harusnya kamu nyaranin aku, ‘jangan dong, nak. Itu pasti ada campur tangan setan di dalamnya. Dia kan temanmu juga, kan nggak boleh benci sama teman sendiri.’, gitu lhooo. Ini malah nyuruh aku makin benci ke dia. Sebenernya enggak juga sih, kalo dia melakukan hal itu ke aku. Tapi, dia itu melakukannya ke temanku sendiri. Gimana sih, rasanya kalo temenmu digituin.. Kan..”
“Hey, bentar! ‘Digituin’nya itu di gimanain sih? Duh, yang jelas, dong, naak.”
“Jadi gini, pi. Dia itu, buka cabang di mana-mana. Macam artis itu lho, yang di ftv-ftv. Apa namanya? Playboy? Ya itulah. Buka cabang itu buka cabang indom**** kek, cabang showroom mobil kek, kredit rumah, apa salon gitu lah. Ini cabang yang begituan yang dibikin. Nggak kebayang kalo dia ngikut MLM, downlinenya udah jutaan kali.”

Ujung-ujungnya masalah kayak gitu lagi ya. Tapi, ini serius, makin saya dewasa, makin banyak pengalaman tentang hal beginian. Jujur, waktu sekolah nggak pernah nemuin orang kayak begitu. Kalopun ketemu, paling kata orang, kata orang, kata orang. Sumbernya banyak, jadi ‘nasab’nya jauuh kalo sama saya. Saya juga dari dulu jarang ngikut-ngikut masalah kayak gitu. Kalo dulu di mentoring waktu SMA ada yang suka curhat lagi disukain sama siapa, lagi suka sama siapa, saya belum pernah terlibat sampe jadi ikutan galau. Ini beneraan lhoo. Jadi yang bilang saya suka galau, haha, itu tidak benar. Itu hanya penampakan luar, tapi sebenernya, saya nggak punya cukup pengalaman tentang masalah hati. Lanjuuut

“Yaah. Jadi ini maksudnya? Oke deh. Tapi kok kamu bisa sekesel itu? Kan dia melakukannya sama orang lain, nggak ke kamu?”
“Itu dia, aku juga nggak ngerti. Udah otomatis pi. Tiba-tiba sinyal negatifnya nyala sendiri. Apa dia yang punya aura negatif, jadinya aku negatif ke dia ya?”
“Kayaknya, dari kamu sendiri udah punya kecenderungan buat kesel sama dia deh. Buktinya ada lho, yang lebih parah dari dia, tapi kamu ke dia biasa aja. Nah, ke orang ini kamu bedaa, banget. Kebalik tauk, kamu tuh udah ada aura negatif pas liat dia, terus dia jadi negatif ke kamu, terus kamu jadi negatif ke dia. Kalo sama-sama kutub negatif kan nggak bisa nyatu, nak.”
“Iya, bener pi. Terus aku musti gimana? Bahkan aku udah yakin, kalo aku nggak bakal pernah bisa berubah sikap ke dia. Sekali aku sudah merasa kecenderungan itu ada, udah susah buat diilangin pi..”
“Aku juga punya pengalaman kayak kamu sih, tapi mungkin nggak separah kamu. Sekarang malah aku temenan baik sama dia. Tapi dia cewek sih, beda juga. Mungkin jatuhnya emang kamu udah ilfeel sama dianya duluan. Tapi, dari kamu sendiri sebenernya udah punya solusi buat masalah ini. Udahlah, tanya hatimu, nak. Kan tadi kamu udah bilang ke aku, harusnya saran apa yang aku kasih ke kamu kan? Udah terapin aja ke dirimu sendiri. Yang bisa kuasai hatimu kan, kamu.”
……………………………………………….

Nah itu yang saya maksud kisah misterinya. Kompleks memang, yang terciderai hati orang lain, tapi yang kesel malah orang yang lainnya lagi. Barangkali juga ada yang bersikap seperti itu sama kita. Semakin dewasa, memang harus semakin menata hati, dan menata sikap pada orang lain.

Setiap orang itu punya kewajiban untuk memaafkan, dan juga punya hak untuk dimaafkan. Dalam hal ini, dimaafkan masa lalunya. Keduanya mesti selaras, iya kan? Kalau memang mau dimaafkan, harus tahu sikap seperti apa agar kita dimaafkan. Berkaca ketika kita harus memenuhi kewajiban untuk memaafkan. Sudah sepenuh hati kah? Sudah ikhlaskah? Sekali lagi, yang bisa kuasai hatimu, adalah kamu sendiri.

Bijak ya? Alhamdulillah.. Harusnya postingan ini masuk ke Pendewasaan Hati ya, tapi nggak papa deh, semua postingan saya kan mendewasakan hati, hihi.

1 komentar:

need your support :)